iksanbangsawan

Ditulis Oleh : Arfan Skena

Dinas Pariwisata Kota Makassar Gandeng Iksan Bangsawan Adakan Workshop Videography untuk Tingkatkan Skill Para Pekerja Kreatif

Bagikan

Cover Image for Dinas Pariwisata Kota Makassar Gandeng Iksan Bangsawan Adakan Workshop Videography untuk Tingkatkan Skill Para Pekerja Kreatif

Rabu, 21 September – Dinas pariwisata kembali memfasilitasi para pekerja kreatif dengan mengadakan workshop videography bertema “Strategi Konten untuk Promosi Bisnis Ekonomi Kreatif & Videografi sebagai Profesi”. Kegiatan ini dihadiri oleh para pekerja kreatif di Makassar. 


Acara dibuka oleh Bapak Muhammad Roem selaku Kepala DInas Pariwisata Kota Makassar, beliau berharap acara ini dapat meningkatkan skill para pekerja kreatif di kota Makassar. Dimoderatori oleh Akbar Zakaria dan salah satu narasumbernya adalah Iksan Bangsawan selaku CEO dan founder dari Skena Digital Creative Agency.


Materi dibuka dengan menceritakan background dari Iksan Bangsawan serta bagaimana perjalanan karirnya dari 2008 sebagai seorang blogger hingga saat ini menjadi seorang CEO. Di dalam ceritanya, Iksan memotivasi para pekerja kreatif untuk tidak selalu mengeluh dan menyalahkan keadaan, karena dulunya alat yang dia miliki untuk membuat konten sangat terbatas namun dapat bertahan hingga saat ini.


“Jangan selalu mengeluh dan menyalahkan keadaan, dulunya alat saya juga terbatas. Waktu membuat konten saya hanya menggunakan HP, namun saya tidak mengeluh dan tetap bisa survive hingga saat ini serta bisa upgrade alat-alat” ujar Iksan Bangsawan.


Iksan pada workshop juga menjelaskan terkait bagaimana jenis-jenis konten, fase mengambil gambar, gears dan tools, content idea, hingga content planning. 


Workshop juga dibumbui dengan sesi tanya jawab dari para peserta. Ada pertanyaan yang menarik dari salah satu peserta yang menanyakan terkait bagaimana cara mendapatkan klien. Lalu Iksan Bangsawan menjawab tentang 3 hal yang kalian harus perhatikan agar dapat mendapatkan klien.


Iksan berkata “Awalnya kita harus belajar public speaking, karena kita harus bisa present kepada client terkait jasa kita, selanjutnya membangun personal branding kita di social media sehingga client bisa tau persona kita seperti apa lalu terakhir memperbanyak koneksi”.


Sesi ditutup dengan demo pembuatan video, Iksan berharap dari materi yang disampaikan dapat meningkatkan minat serta semangat para pekerja kreatif yang hadir di kegiatan.


Workshop Videography

Selain Iksan Bangsawan kegiatan ini juga menghadirkan Suratman Alimuddin selaku photographer & Videographer serta Ihdar Nur selaku DIrector Finisia Production. Kegiatan berlangsung dengan lancar ditambah antusias dari para peserta. Pelayanan yang diberikan para pelaksana dari dinas pariwisata juga sangat baik sehingga membuat para peserta betah bertahan dari pagi hingga sore hari.